Rabu, 21 Januari 2015

Cara Mengurangi Nafsu Makan

Posted by devina putri on 19.43 with 56 comments
Kali ini saya akan posting mengenai cara mengurangi nafsu makan. Jujur saja mengurangi nafsu makan memang sulit, termasuk saya yang sedang menjalani proses diet. Kenapa saya diet ? karena berat badan yang berlebihan akan menyebabkan timbulnya banyak penyakit, tapi jangan salah. Diet yang dilakukan juga harus diet sehat ya, karena kalo kita diet berlebihan maka menimbulkan dampak buruk juga buat tubuh kita. Berikut ini cara mengurangi nafsu makan menurut pendapat saya sendiri.

Sarapan pagi

Sebagian orang mungkin banyak yang males dengan sarapan pagi, apa lagi yang lagi menjalankan diet, padahal tidak sarapan pagi menurut saya itu salah banget, kenapa ? karena dengan sarapan pagi membuat tubuh lebih sehat dan juga menambah konsentrasi dalam beraktivitas. Kalo saya sendiri sih biasa sarapan pagi sedikit nasi sama lauk yang tidak mengandung banyak lemak. Yang penting harus di isi sarapan aja.


Minum air putih

Setiap hari saya rutin minum air putih kurang lebih 2500 mili, kenapa ko banyak sekali ? air putih itu sangat bagus untuk kesehatan, karena tubuh kan seharian penuh mengeluarkan energi sehingga tubuh memerlukan banyak cairan, air putih juga bagus untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh. Apa lagi buat yang lagi diet, kalo kita makan sambil di selingi minum air putih pasti bawaan nya cepet kenyang jadi ya ait putih salah satu alternatif mengurangi nafsu makan.

Olahraga

Olahraga memang hal yang sulit di lakukan, karena kebanyakan orang menganggap olahraga itu bikin sakit badan, kadang ada orang yang malas, dan beranggapan olahraga ga olahraga tetep aja badan masih gemuk. Padahal menurut saya presepsi tersebut salah. Dengan membiasakan olahraga tubuh kita akan sehat, badan terasa sakit sehabis olahraga karena belum terbiasa melakukan olahraga dengan rutin.

Kalo tips diet saya sediri sih biasanya saya makan setiap pagi-pagi sedikit nasi, lalu siang hari sekitar jam 12 kadang saya suka ngemil makanan tapi dengan porsi sedikit maksimal sih dua jenis makanan, nah sore hari sebelum mandi sekitar jam 4 sore sehabis solat asar saya biasa mengikuti senam di sanggar terdekat rumah, berhubung senam dalam seminggu cuma 3 kali, jadi kalo lagi libur senam nya saya membiasakan diri suka skipping di rumah, paling banyak juga 50 loncatan, karena baru-baru ini saya membiasakan skipping. Terus setiap hari saya sering minum air putih kurang lebih 2500 mili, yah walaupun jadi sering pipis tapi ga papa lah karena kan bagus juga untuk kesehatan. sehabis olahraga sekitar jam setengah 6 sebelum magrib saya suka makan nasi sedikit aja sih. jadi kalo di hitung saya sehari makan 2 kali.

Allhamdulilah dengan rajin melakukan sarapan pagi, minum air putih, dan olahraga dalam seminggu saya turun 2 kilo setengah. Sebelumnya saya pernah pake obat diet tapi alhasil saya merasa pusing dan ga karuan, jadi lebih sehat mana diet pake obat apa diet alami ????
Categories:

56 komentar:

  1. pastinya dengan banyak minum air putih dan rutin olahraga scara teratur akan sangat baik dalam menjaga dan mengurangi nafsu makan ini ya, yang tentunya bagus juga utk program diet, ditunggu postingan berikutnya ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makasih ya sudah berkunjung di blog ku hehe

      Hapus
    2. sekalian bisa ngirit biaya hidup mas hary, biasanya sehari makan 3 kali, dengan menerapkan tips diatas akan menjadi 1 kali 1hari, kan sudah hemat 70% biaya,
      betul kan mbak, hehe...

      Hapus
    3. iya juga sih mba devy, hemat pangkal kaya wkwkwk

      Hapus
  2. wah ini gk cocok buat saya deh kayaknya mbk, masalahnya saya lagi gk doyan makan. kalau pake ini, bisa puasa terus-terusan nantinya. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena emang lai gak ada yang dimakan mbk. hehee

      Hapus
    2. wkwkwkkk, duh kasian banget mas budi, nih di rumah ku banyak makanan kalo mau hehe

      Hapus
  3. kalo masalah makan mah kagak bisa dihambat mbak.... laju sekaliiiii...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee , iya juga sih saya juga awalnya gitu tapi kalo udah terbiasa jadi biasa ko

      Hapus
  4. Saya malah lagi kebalikannya mba, pengen nafsu makannya bertambah... cara yang alami memang lebih sehat,, selamat ya udah berhasil diet mba putri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama
      kalo pengen kebalikan nya ya tambahin aja porsi makan nya hihihi

      Hapus
  5. weeeh,ternyata ada juga tips biar nafsu makanya terkontrol ya...hmmm bagus juga nich buat di praktekin,,tapi kalo buat saya mending nafsu makanya bertambah deh...jadi tolong infonya ya tentang tips biar nafsu makan bertambah

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke deh lain kali saya posting cara buat nambah nafsu makan , hehe

      Hapus
  6. terima kasih infonya mbak, bisa tambah langsing bila diterapkan

    BalasHapus
  7. kalo seperti ini sh cara mengurangi nafsu makan...tentunya ampuh ya Mba..

    buktinya sendiri yg ngomong soalnya..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya soalnya saya sendiri sih yang ngalamin hehe

      Hapus
  8. sukseskan diet nasional..hehe
    yang penting tetap sehat ya mbak...ngga asal mengurangi nafsu makan..
    makasih ya mbak artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama makasih juga ya sudah berkunjung ke blog ku

      Hapus
  9. Weleh mbak Devi, saya malah pengen banyak makan biar agak gendutan hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kebalikan nya ya,, justru saya pengen kurus,, menurut saya sih gampang kalo mau naikin berat badan tinggal yang banyak aja makan nya, nah yang susah itu nurunin nya hehe

      Hapus
  10. Minum air putih. Tepat sekali. Banyak minum disela-sela makan emang bikin cepet kita ngerasa kenyang. Hehehe.
    Anyway, baru pertama kali kesini nih. Salam kenal ya. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama mba deva, ini saya baru bikin blog baru hehe

      Hapus
  11. nafsu makan kadang turun naik mbak, tergantung dompet aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihii, iya jga sih, kalo dompet lagi kosong pasti ga nafsu makan wkwkwk

      Hapus
  12. ternyata air putih dapat mengurangi nafsu makan juga tho, padahal saya doyan banget lho Mbak sama air putih, setiap hari saya bisa menghabiskan lebih dari 4ltr air putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. awas perutnya tar kembung Mas, kalau kebanyakan minum..hehehe

      Hapus
    2. wah hebat ya bisa abis 4 liter , saya aja minum 1 liter lama banget buat abis nya hehe

      Hapus
  13. ini boleh dicoba tipsnya buat temen2 yg ingin ngurangin nafsu makan yambak
    kalau saya nggak deh soalnya saya mah sekarang aja makannya biasa2 saja nggak terlalu bernafsu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kasih tau dong mas yanto biar saya bisa ikuti tips mas yanto supaya nafsu makan nya ga berlebihan

      Hapus
  14. kalau minum air putih, sarapan, dan berolah raga sudah dilakukan mbak...tapi nafsu makan saya malah tetap aja...porsi sapi kalau makan. keresahan saya sekarang berat badan makin nambah dan kayaknya jadi berat kalau mau beraktifitas dan cepat capenya juga...kayaknya perlu meningkatkan jam tayang oleh raga kali ya gan? ok saya terapkan dulu dan doakan berhasil ya perjuangan menurunkan berat badan saya dengan mengurangi nafsu makan. ok makasih gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, intinya sih harus pinter mengola jam makan sama jam olahraga jadi biar seimbang mas. saya satu lagi jangan menyerah dan terus semangat ya

      Hapus
  15. Wah klo untuk meningkatkan nafsu makan gimana mba? kebetulan saya sekarang sedang mengalaminya....
    terima kasih informasinya salam sukses :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo meningkatkan nafsu makan ya tinggal beli jamu buat nafsu makan aja kali ya hehe

      Hapus
  16. cucok nih buat yang mau ngurusin badan, mbak devina.
    eh, emang mbak devina itu kelebihan berat badan ya kok sampai harus mengurangi nafsu makan?

    tapi kalau minum air putih itu memang oke untuk kesehatan. sip...

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga kelebihan juga sih mas, berat badan saya masih dalam batas normal sih cuma kalo di lihat dari kaca kayanya kurang sreg aja gitu hihihii

      Hapus
  17. Waaah saya malah kebalikannya mbak... pengin menambah nafsu makan.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti deh saya posting cara nambahin nafsu makan

      Hapus
  18. puasa makan jadi berkurang ,,,hehehehe

    Salam NewBie .... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makan jadi berkurang gara2 kelebihan minum air putih :D

      Hapus
  19. entar kurus lho, kalau nafsu makannya di kurangi..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. laahh emang saya pengen kurus mas wkwkwkkk

      Hapus
  20. wah,bisa dicoba nih...^^
    makasih tipsnyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama makasih ya sudah berkunjung ke blog ku

      Hapus
  21. Bermanfaat nih! Thanks ya. Bener banget, olahraga itu penting, dan minum air putih lebih penting. Lagi diet atau enggak, tetep harus. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener minum harus tetep banyak biar sehat

      Hapus
  22. Balasan
    1. iya blog baru hehehe,, dulu aku juga pernah punya blog sejak 2007 cuma sekarang lagi pengen blog baru di taun yang baru hehe

      Hapus
  23. keren "" komplit deh

    www.ikhsanicus.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke makasih mas ikhsan sudah berkunjung

      Hapus
  24. makasih tipsnya putri, lumayan bisa ngurusin badan, hahaha, salam kenal ya putri, bisa mampir ke www.dipawardhana.wordpress.com :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke makasih edwin sudah berkunjung
      nanti saya berkunjung ke wp kamu ya

      Hapus
  25. Mantap tipsnya dev..lumayan nih buat ibu ibu buat nurunin nafsu makan yang menggebu..

    Salam satriyoku

    BalasHapus
  26. Saya malah sedang belajar mengurangi nafsu sama orang, :)
    Salam 21.

    BalasHapus
  27. mungkin cara itu akan berpengaruh tidak yah pada diri saya mba? Nafsu makan sih engga cuma ngemil nya hihihiihi

    BalasHapus