Kamis, 17 September 2015

Carger yang Bukan Ori Membuat Hp Cepat Rusak

Posted by devina putri on 19.49 with 95 comments
Sekedar share saja, dan memberikan informasi. Hati-hati kalo beli carger hp. Barang murah belum tentu kualitas bagus. Pengalaman saya sendiri. Saya punya hp samsung galaxy chat B5330, dan samsung grand duos I9082, yaa namanya juga hape udah jadul, beli nya juga bekas. Memang sih pada awalnya saya di kasih carger orian. Hp sekitar 2 tahun belum ada kerusakan dan juga masih awet aja. Saya biasa pake 1 carger untuk 2 hape. Suatu saat tiba-tiba carger tiap di pake engga masuk terus daya nya, baik di hp galaxy chat atau di hp grand duos, itu artinya carger tersebut udah rusak. Nah keadaannya disitu saya lagi ga punya uang. Terus saya pergi ke counter dan di tawarin carger samsung tapi bukan ori, kata si pegawe nya sih bilangnya, 
"mba ini juga sama buat hp samsung, liat aja dus nya juga kan merek samsung" 
Lahhh siapa yang engga kegoda pikiran saya kan, carger sama aja mau ori atau engga yang penting bisa di pake. Harga nya murah pula cuma 25.000. Yaa udah deh saya beli carger yang bukan ori.
Baru di pake sekitar 1 bulan. Tiba-tiba hp galaxy chat saya engga bisa ngisi daya, saya coba pake carger orang lain, tapi masih tetep engga ngisi. Lalu saya coba benerin hp ke counter atau ke tempat servis hp (tapi bukan tempat servis resmi samsung).
1 minggu hp galaxy chat saya masuk rumah sakit hehe maksdnya masuk counter. Bukan nya bener malah si mba mba nya bilang.
"Maaf mba engga bisa di benerin, ini udah kena konektornya, kita ga punya suku cadangnya"
Lalu dalam hati saya bilang (lah koo katanya tukang servis, cuma ga bisa ngisi daya ko ga bisa di benerin)
Terus temen saya ada yang kasi tau kalo rusak mending ke servis samsung resmi aja.
Nah pas di samsung servis center lalu mba nya bilang
CS : "Mba ini udah kena konektornya, harus di ganti."
Saya: "Ko bisa kena konektornya??"
CS : "Mba biasa pake carger yg ori, apa carger hp yang asal masuk, apa gimana"
Saya : " Saya biasa pake carger samsung ko, tapi emang bukan ori sih"
CS : "Nah itu dia penyebab nya, biasanya kalo engga pake yang ori emang ngerusak hp, mending mba beli yang ori"
Saya : " Ah ntar aja, saya nya lagi engga punya uang, ini aja benerin konektor udah maksain"

Lalu 3 hari kemudian hp saya udah bener. Saya masih tetep kalo nge cash hp pake carger yg engga ori. Pikiran saya kan itu hp udah di benerin konektornya, pasti engga akan rusak lagi kan. Eh ga tau nya 3 hari kemudian hp saya yang galaxy grand duos juga sama ikutan rusak, dan masih tetep konektornya yg rusak. Akhirnya saya memutuskan untuk MEMBELI CARGER ORI. 

Setelaah saya searching ternyata banyak dampak buruk dari carger yang bukan ori diantaranya sebagai berikut :

Umur batre lebih pendek
Charge hp yang bukan original seringkali memiliki output voltase yang lebih tinggi dari yang seharusya. Hal ini biasanya ditandai degan waktu pengisian yang lebih singkat dari charger original. Pengisian yang lebih cepat dari charge non ori bukan berarti lebih baik dari yang asli, tetapi karena output keluaran yang lebih besar. Apa akibatnya?,,, dampak yang paling ringan adalah umur baterai yang lebih singkat. Charger yang bukan standard bisa saja memiliki ampere yang lebih tinggi daripada charge aslinya. Ampere charger yang lebih tinggi memang akan semakin mempercepat proses charging, akan tetapi dampaknya akan memperpendek umur baterai juga.  Bahkan jika kelamaan mencolokkannya, baterai bisa gembung dan rusak saat itu juga.

Ponsel bisa rusak seketika
Resiko terberat menggunakan charge non ori adalah kerusakan pada handphone. Kenapa bisa rusak?,,, Mutu pembuatan barang non ori pada umumnya jauh lebih rendah, baik desain dan mutu komponen. Hal ini bisa saja charger rusak pada saat digunakan untuk mengisi ponsel. Kerusakan ini bisa menyebabkan arus tegangan tinggi langsung masuk ke ponsel. Apa akibatnya?, ponsel tak bisa lagi digunakan pada saat itu juga.

Ponsel tidak akan mengisi dengan baik
Maksudnya, ponsel yang sudah terbiasa di isi dengan charger non ori, suatu ketika jika menggunakan charge yang asli, maka tidak akan bisa lagi mengisi dengan baik. Biasanya seringkali muncul pesan seperti "battery not charging" , dll. Hal ini karena komponen mikro pada ponsel sudah menurun daya kerjanya, akibat arus terlalu tinggi yang masuk dari charge non ori. Jadi jangan heran, jika hp menjadi semakin lama terisinya jika menggunakan charge orisinil kembali.

Segitu saja informasi nya, oh ya sedikit tambahan perbedaan carger ori sama kw biasanya kalo kw pengisian daya nya itu stabil lebih cepet. Kalo dari bentuknya antara yang ori sama yang kw, kalo yang ori di pinggir carger nya ada barcode nya, ada tulisan samsung SEIN nya juga. Selebihnya cari tau sendiri saja ya. Terimakasih
Categories:

95 komentar:

  1. Wahh baru tau nih mbak saya..
    Alhamdulillah tapi dari dulu pakai charger ori waktu pertama beli se set sama hpnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bagus dong, yang ori memang suka lebih awet

      Hapus
  2. untungnya dari dulu gue selalu pake charger bawaan pas beli

    BalasHapus
  3. saya juga biasanya suka pake charger yg bukan ori mbak, pantesan saja nih hp saya cepat lowbat, apalagi saya lagi suka maen game di android jadi memang cepet habis sekali baterainya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya apa lagi main game sambil, wifi atau data nya aktif, pasti sangat boros banget

      Hapus
  4. Dan hapeku kemarin malah sempat kena hardbrick mbak, layar mati total nggak bisa diapa-apain padahal pas ngecharge pake charger ori. Ah tapi sudahah, ikhlaskan :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dari faktor carger sih biasanya yang kena konektornya, kalo hardbirck kurang ngerti juga sih, mungkin sudah waktunya rusak hehe

      Hapus
  5. Waah dari dulu kalo pake hp nggak pernah ganti charger, biasanya awet banget kecuali kalo ilang baru deh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus dong mba, kalo saya mah, satu carger buat beberapa hp, ma'lum males gunta ganti nya, alhasil ya kaya gini hehe

      Hapus
  6. biasanya charger yang sembarangan pasti cepat ngerusak batre ya mbak, karena beda voltage akan membuat elemen bate mudah rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda elemen dan voltagemnya rupanya ya gan? makasih

      Hapus
    2. iya bener banget mas purnama,
      iya biasanya beda elemen sama voltage setiap hp mbah, jadi daya masuk atau daya tampung nya itu beda2

      Hapus
  7. iya juga tuh...carger yang bukan ori akan membuat batere cepat drop dan bikin kesal akhirnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hp pasti lebih sering di carger tentunya

      Hapus
  8. mungkin karena daya yg masuk tidak sesuai atau tidak standart dengan yg orisinil sehingga nggak awet mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas yanto, soalnya kan kalo standar dari pabriknya, setiap hp itu beda2 cargernya, walaupun satu merk tapi kan ada tipe nya, nah beda tipe juga udah beda carger, itu juga kata si mba CS nya

      Hapus
  9. Selain perawatannya, ternyata juga tergantung pada ori atau tidaknya baterai hp ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ori atau tidaknya batre sama carger pak uda

      Hapus
  10. saya juga pernah membeli Charge bukan yg Ori mba, kadang kalau pas kebetulan awet ya awet, tapi pernah juga baru beberapa bulan sudah gak berfungsi sebagai mestinya, dan katanya sih bisa membuat batere HP nya rusak malah bisa juga merembet ke HP nya... makanya sekarang saya belinya Charge yg Ori, walau harganya lebih mahalan dikit, yg penting awet hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mas eka, saya juga carger yang bukan ori masih ada, masih awet, tapi ya hasilnya ngeruksak 2 hp saya, jadi ya mending berkorban beli carger ori aja, ketimbang ngorbanin hp rusak

      Hapus
  11. Iya untungnya hape saya cargernya belum rusak ya, jadi carger yang waktu beli sepaket sama hapenya ya dan kayaknya cargernya ori ya... Iya untung Mbak ya... hehehehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bawaan dari sana nya udah sepaket biasanya ori

      Hapus
  12. Kalau mau awet ya harus yang ori atau bagulah, kalau tidak jebol juga nanti HP nya

    BalasHapus
  13. iya kalo engga ori, hp nya jebol :D

    BalasHapus
  14. wah jadi tahu,,, kalo dari powerbank gmn mba???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau ya kalo dari power bank hehe

      Hapus
  15. Biasanya lubang charger pada hape menjadi kendur shg pengisian baterei kurang maksimal ... kualitas kabel charger ori sama palsu mmg beda juga sie... btw makasih infonya menambah wawasan baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat ya,
      iya soalnya kan charger yang ga ori memang bukan bawaan dari pabrik samsung nya

      Hapus
  16. Alhamdulillah..setakat ini guna charger yang ori.
    Baru juga tahu sangat bahaya kalau tidak guna yang ori. Boleh merosakkan handphone, malah kos untuk betulkan yang rosak lebih mahal.

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah..setakat ini guna charger yang ori.
    Baru juga tahu sangat bahaya kalau tidak guna yang ori. Boleh merosakkan handphone, malah kos untuk betulkan yang rosak lebih mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul kak fidah, lebih mahal buat ngebetulin hp nya

      Hapus
  18. Hhiiyy aku gak pernah pakai yang kw gitu, takut kenapa kenapa.. Sama seperti kosmetik, jangan pernah beli yang kw dan yang palsu.. Hehehe

    www.beautyasti1.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending yang asli ori yang lebih aman ya mba :)

      Hapus
  19. Benar kalau charger bukan dari pabrik bisa membuat rusak baterai, mungkin karena dayanya yang berbeda dengan daya baterai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena beda daya tampung batre setiap hp :)

      Hapus
  20. bener banget mba udah sering juga saya buktikan kalo yang KW emang sangat beresiko.. mantap infonya, makasih

    BalasHapus
  21. Wah saya juga pakai yang non ori mba harganya murah repot juga kalau rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan suka paki yang kw gan

      Hapus
    2. harga memang murah tapi resiko nya lebih besar hehe

      Hapus
  22. Betul kadang voltagenya beda. Charger mobil juga, kalau nggak urgent jangan pakai, mendingan powerbank.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Power bank repot nggak bawanya nih!

      Hapus
    2. lebih baik di carger dulu di rumah

      Hapus
  23. melihat resikonya mending pakai yg ori aja ya mbak, karena lebih aman untuk ponsel. tapi yang menjadi dilema kalau uangnya lagi mefet... hehe...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga sih, saya juga kemarin2 gitu, tapi ya maksain aja, soalnya udah ke dua kali nya konektor hp saya rusak hehe

      Hapus
  24. betul mbak
    saya pernah ngalamin yang kayak gini, bukan samsung, tapi nokia jadul
    akhirnya, harus servis lebih mahal dibanding beli carger yang kw...

    tx informasinya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. persis kejadian nya kaya saya mas huda hehe

      Hapus
  25. Wah malah merusak ya kalau memberli charge KW...untungnya saya belum pernah pakai charge palsu. soalnya suka ngecas lewat laptop... baterai lebih awet. karena daya dari laptop lebih terjaga arusnya, bikin baterai tahan lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi ribet juga kan kalo misalkan mau carger hp harus tersambung laptop, belum kalo laptop nya lagi kosong batre nya :D

      Hapus
  26. memang kalau tidak ori sering bikin masalah ya mbak, pernah saya kesetrum gara-gara Charger kw, untung tegangan listriknya yg tinggi, tapi lumayan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bahaya juga ya mba kalo sampe terkena tegangan begitu

      Hapus
  27. setuju banget. dan yang paling sering jadi korban adalah batere. jadi gampang gembung :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh jadi penyebab baterai kembung ini toh! Kirain manusia saja yang bisa kembung, baterai juga bisa toh!

      Hapus
    2. hehehee,, bener banget mas dodon, hp saya juga jadi kembung, cepet abis batre nya

      Hapus
  28. Charger oriku mala udah rusak, jadi kalo ngechas hp pake kabel data colokin ke laptop.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ribet juga ya kalo pake laptop gitu

      Hapus
  29. Balasan
    1. iya mba nathali, bukan untung malah buntung

      Hapus
  30. Kebeneran nih
    charger aku mulai rusak
    rencana nya mau beli charger cebanan yang ada di pinggir2 jalan aja
    tap kok jadi mikir2 lagi nih wkwkw

    BalasHapus
  31. bener banget mbak, hape ane jadi error gini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahh jadi bikin eror ya, coba periksain hp nya ke servis center

      Hapus
  32. oh gitu ya mba, jadi tahu nih. makasih infonya

    BalasHapus
  33. aje gile nih, lama saya gak berkunjung, blognya rame bgt, mantap sekali mbk, saya malah agak jarang update.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduhh kemana aja, selamat datang ya :)

      Hapus
  34. Iya, pengennya sih cari yg murmer yaa, tapi malah bikin rusak, gimana ini? kembali ke ori deh. (kunjungan balik dari tamankata)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending ke ori aja lah yang lebih asli :D

      Hapus
  35. iya bener. Mendingan pake yang ori, deh

    BalasHapus
  36. Iyaa beneer ... dulu beli depan kampus dgn harga yg murah.. krn udah butuh dan keuangannya pas pasan.. udah dibeli aja. Eh ternyata ngk smpe seminngu chargenya rusak dn batreinya ngk masuk..
    Yg murah banyak tp yg ori lebih memuaskan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, saya juga nyesel beli yang kw, jadi aja double rugi, soalnya kedua hp saya rusak

      Hapus
  37. iya tobatlah mbak, jangan pakai yang ga ori lagi, sekarang kita harus lebih percaya sama yang mahal tapi kualitasnya terbukti bagus

    BalasHapus
  38. Charger palsu emang bahaya selain bikin HP cepat rusak, juga bisa bikin HP meledak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mas, saya juga pernah tuh denger info nya

      Hapus
  39. Charger palsu bikin ngeri harus hati-hati kalau mau milih charger yah mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lebih baik beli yang ori aja deh

      Hapus
  40. kayak saya seneng yang murah-murah hehehe, tapi ya itu bikin susah diperawatan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga dulu mikirnya gitu, pengen yang murah eh nyatanya bikin rusak hp

      Hapus
  41. Yang bikin rusak mungkin karena beda tegangan kalee ya...mbak..

    BalasHapus
  42. Haduh, hp saya samsung sama Oppo chargernya ori sih tapi aku buat gantian.. Apalagi kalo bepergian cuma bawa 1 charger biar hemat tempat ckckk

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih bagus sih satu hp, satu carger, aku kemarin juga konsul ke mba custemer bagian servis katanya begitu

      Hapus
  43. saya tiap hari gak pake charger ori. tapj alhamdulillah belum ada masalah. dan mudah mudahan gak bakal ada masalah sama baterainya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, kalo pake yang ori tenang aja

      Hapus
  44. Udah banyak kasus juga handphone bermasalah gara-gara sering pake charger yang bukan ori, dan memang akan menimbulkan masalah. Saya sendiri alhamdulillah masih setia sama charger ori, soalnya khawatir handphone-nya bermasalah kalo pake yang bukan ori :)

    Baru tahu tentang dampak buruk yang poin ketiga "ponsel tidak akan mengisi dengan baik". Thanks infonya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama mas bayu, saya juga ga tau kalo engga kena rusak dulu hehe

      Hapus
  45. kalau kasus di saya, chargernya bikin batere hp muda kembung mbak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul itu, karena tegangan nya setiap hp kan beda2

      Hapus
  46. Awalnya sih nggak pernah pakai charger yang kw tapi kalau udah kepepet dan batre hp udah mau lowbat terpaksa pakai charger yang kw hadeh hadehhh

    BalasHapus
  47. Emang bener sih kl pake yg KW itu bakal bikin rusak hape... Padahal kan malas ganti2 kalau blm mati total (itu kalau saya sih...hehehehhe) . Baterai KW jg katanya bisa bikin rusak hape ya?

    BalasHapus
  48. saya sangat setuju bmak denga ini, sebab sya sendiri sudah mengalami ketika pake andrid pertama kali, kebetulan saat ikut tes pedataran ke BNA sampe ketinggalan cargernya, akhirnya saya beli carger palsu, ya buat 2 minggu lumayan lama, gejala yang saya alami batrenya kurang efektif lagi terus saya jualin hpnya mbak :)

    BalasHapus
  49. Wah... sepertinya saya mesti sayang-sayang nih... sama charger ori saya...
    Terima kasih Mbak artikelnya sangat membantu saya... :D

    BalasHapus