Kamis, 08 Oktober 2015

Hal Yang Membuat Tidur Tidak Nyenyak

Posted by devina putri on 20.15 with 104 comments

Pernah tidak merasakan insomnia, atau tidak bisa tidur dengan nyenyak ? Pasti semua orang sesekali pernah merasakan hal tersebut. Sama seperti saya, tadi malam saya tidak bisa tidur, salah satu nya mungkin karena pikiran yang melayang kemana mana hehe, berikut ini beberapa penyebab atau hal yang membuat tidur tidak nyenyak 

1. Stres atau Pikiran
Tidur tidak nyenyak atau insomnia umumnya dikarenakan stres atau banyak pikiran. Stres bahkan dapat membuat insomnia kronis, dan stres atau banyak pikiran membuat hati gelisah dan cemas sehingga membuat insomnia atau tidak bisa tidur nyenyak. 
2. Makan larut malam
Makan larut malam memicu penyakit asam lambung. Dimana keadaan asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan yang dapat menyebabkan refluks asam dan mulas. Hal ini dapat membuat tidur tidak nyenyak.
3. Masalah kesehatan
Terkadang orang tidak bisa tidur karena terganggu masalah kesehatan nya, sebagian contoh ketika mengalami sakit asam urat biasanya nyeri di rasakan semakin parah ketika malam hari, contoh penyakit lainnya seperti penyakit maag, penyakit asma dan penyakit lain yang kadang di timbulkan ketika malam hari, Hal tersebut juga membuat tidur tidak nyenyak bahkan jadi tidak bisa tidur.
4. Terlalu banyak memainkan hp atau gadget
Yang saya rasakan selama ini, kalo terlalu banyak main hp atau gadget kadang membuat susah tidur, karena saking asik nya main gadget menjadi lupa waktu tidur.
Categories:

104 komentar:

  1. poin yang terakhir, yang sering orang lakuin saat mau tidur ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan seperti itu neng dewi :)

      Hapus
  2. biasanya kalo nonton tv juga bikin insomnia apalagi kalo acaranya rame rame atau bioskop tengah malam

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul itu, aku juga kalo acaranya bagus, malah nonton dulu, engga kerasa tiba2 udah larut malem banget

      Hapus
  3. Justru kalau makan larut malam itu membuat tidur jadi nyenyak sis :D (itu aku pribadi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti mba wida ga punya penyakit maag, jadi tidur pules aja, kalo aku sih emang udah punya maag, jadi kalo sebelum tidur makan pasti asam lambung naik hehe

      Hapus
  4. yang saya gak nyenyak kalau ada masalah itu mbak :D Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya kalo punya masalah biasanya kepikiran pas lagi mau tidur

      Hapus
  5. HP ama gadget tuh yang paling bikin susah tidur. apalagi kalau ada notfi dari ehm ehm wkwkwkw. makin susaht tidurnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, kalo engga di buka notif nya pasti bikin penasaran deh

      Hapus
    2. Apalagi kalau dari si dia, wkwkwk nggak dibales besoknya ngambek

      Hapus
  6. Yang terakhir itu ngena banget -_-
    biasanya sampe hapenya jatuh ngenain muka gara-gara udah kecapekan tapi pingin aja mainan gadget :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mas, saya banget itu, udah aga ngantuk sih cape, tapi masih asyik sama gadget

      Hapus
  7. Kalau saya malah terbalik mba kalau mau tidur malah pegang hp dulu lihat lcdnya nggak pake lama langsung ngantuk jadi kalau nggak bisa tidur saya malah buka hp

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kebalik ya mas, kalo saya mah malah makin anteng hehe

      Hapus
  8. ternyata hp juga berperan didalam menjadikan tidur tidak nyenyak yambak
    pengetahuan yg baru bagi saya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, tapi engga juga sih, ada juga yang bisa bikin ngantuk kaya mas dwi hehehe

      Hapus
  9. Poin nomor dua : makan larut malam justru bikin saya setelah itu tidur nyenyak lo mbak soalnya sering begadang pasti lapar, jadi y makan dulu sblm tdr, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya mah malah kambuh penyakit maag nya hehehe

      Hapus
  10. Wah bener nih, poin terakhir.. kalo sudah main keasyikan jadi lupa waktu.. duuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba sama kaya aku jadi lupa waktu

      Hapus
  11. dua lagi, nyamuk ama kucing kawin, pasti bikin susah tidur, hihihi... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga sih, terutama nyamuk nih yang bener2 nyebelin

      Hapus
  12. Keasyikan main gadget iya itu saya. Saat paketan habis doang baru bisa ridur nyenyak. Gak juga se... Kadang malah kacau tidurnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa lagi kalo pas sebelum paket abis dapet bbm atau dapet massage dari seseorang yang bikin penasaran hehe

      Hapus
  13. kalau saya mah tidak bisa tidur nyenyak karena mikir bagaimana bisa posting blog besok, karena stok idenya hampir habis, wakakaka salam sukses mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh nge blog sampe kepikiran ge bisa tidur ya mas, segitunya banget hehe

      Hapus
  14. saya kebanyakan di depan laptop kayaknya nih
    walaupun badan capek tetap aja aku gk nyenyak. malah mungkin susah tidur juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan kebanyakan main laptop tar engga ngantuk2 lhoo

      Hapus
    2. apa yang ada di laptop jauh lebih bagus dari di tv makanya saya betah dan susah lepas dari laptop

      Hapus
  15. Paparan cahaya dari barang-barang elektronik, entah itu laptop, TV, atau yang paling sering, smartphone, emang bisa jadi biang keladi insomnia. Sekarang kan seringnya kita buka smartphone sebelum tidur. Bisa jadi ngeliat/baca sesuatu yang kita ga sangka, jadi kepikiran sendiri sebelum tidur hehe.

    Kalau susah tidur, biasanya saya pastiin cahaya lampu kamar udah mati, jauhin gadget (kalo bisa matiin), berusaha rileks (agak sulit), dan berdoa. Kalo udah gitu, seharusnya sih bisa tidur nyenyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget tips mas bayu, sebaik nya jangan nyalain gadget, lampu dalam keadaan mati biasanya lebih rileks tenang, tapi kalo pikiran lagi stress walaupun udah rileks tetep aja ga bisa tidur kalo pikiran masih kemana mana

      Hapus
  16. Satu lagi mba bisa ditambahi, kalau banyak nyamuk susah juga membuat tidur nyenak. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyamuk emang satu2 nya binatang yang mengiung ngiung di telinga ketika lagi tidur hahaha, jadi makin susah tidur

      Hapus
  17. Kalau saya yg bikin insomnia salah satunya Lapar :-D
    Cz klu lapar biasanya gelisah ditempat tiduur...
    Dan point ke 4 adalah sesuatu yg ngenaaaa bangeeet

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya 3 atau 4 jam sebelum tidur sudah dalam keadaan kenyang biar bisa tidur :D

      Hapus
  18. Waah makan larut malam ternyata pemicu asam lambung ya Mbak, pantesan dulu saya suka makan larut malam sekarang punya maag,,, ya setuju dengan semuanya kecuali yang mainin gadget, justru kalo main gadget kan nanti mata jadi lelah terus ngantuk deh ya wkwkwkwkwkwkw :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kebalik ya, kalo saya malah jadi ga bisa tidur mas :D

      Hapus
  19. Kalau buatku yang bikin susah tidur tuh perut lapar. Nah justru begitu gak bisa tidur yang kulakuin pertama makan, pasti langsung ngantuk. Emang sih gak sehat :p Kaya sekarang nih jam 4 subuh, mau makan dulu, aaaaaah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh subuh udah laper ya mba, tapi pengalaman pribadi saya juga kalo jam segitu udah kebangun suka ngerasa laper, tapi di tahan aja deh, soalnya masih ngantuk hehe

      Hapus
    2. Nah, bener juga tuh kata mbak Indi, perut laper juga bisa bikin tidur nggak nyenyak. Guling sana guling sini :D

      Hapus
  20. Yang terakhir sering banget tuh. Bahkan udah ngantuk masih main hape sampe hapenya jatuh nimpuk kepala. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa iya bener saya juga sering tuh kaya gtu

      Hapus
  21. itu no 1 sering saya rasakan... efek beban kerja dan deadline lomba blog hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh sampe kepikiran deadline ya mas, tapi iya juga sih, kalo misalkan menang loba blog nya kan jadi lelap tidur nya hehe

      Hapus
    2. bukan lelap lagi tapi nyenyak hehehe

      Hapus
  22. Setuju banget sama yang nomor 4 mba, kebanyakan main gadget. Apalagi sebelum tidur, makin susah bobo nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba asti, apa lagi kalo udah buka medsos

      Hapus
  23. nomor 4 itu yang paling sering aku alami

    BalasHapus
  24. Tidak bisa tidur dengan nyenak itu memang bisa di karenakan beberapa faktor... biasanya saya mengatasinya dengan dengerin musik tapi bukan pakai headset, melainkan speaker... saya sering insomnia...karena dulu sering bergadang, sampai sekarang pun masih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga ya mas, kalo denger musik apa lagi kalo musik nya itu lagu klasik yang bikin ngantuk, kayanya salah satu alternatif buat atasi susah tidur

      Hapus
  25. kudu jauh jauh ama HP biar tidur bisa nyenyak, tapi kox bbmnya ting tong ting tong terus ya, hihihiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah justru itu bikin penasaran kan, mending buka dulu aja, di jamin deh makin susah bobo hahaha

      Hapus
  26. Sedang jatuh cinta dan kangen berat juga bikin susah tidur mbak.. Heuheu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. uulalalaa, kalo masalah cinta dan kangen waduh aku angkat tangan deh, udah pasti bikin susah tidur karena inget terus si dia hihihi

      Hapus
  27. Kalau saya kayaknya penyebabnya karena poin kelima deh mbak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. poin kelima nya apa ya, kan ada 4 semua nya wkwkwk

      Hapus
    2. Poin keempat maksudnya mbak. Salah ketik hehe (ngeles)

      Hapus
  28. kalo saya mah poin ke 1 sampe 3 kali mbak, kalo poin terakhir mah kagak kayaknya lha wong cuma punya HP jadul jadi jarang banget saya mainin HP hehehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh mas marnes ini selalu merendah deh, hehe,, tapi bagus engga terlalu banyak main hp, jadi nya engga ketergantungan

      Hapus
  29. yang ke empat bener, apalagi kalau udah main game.wah bisa begadang sampe tengah malam ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa lagi kalo game nya yang seru banget

      Hapus
  30. Kalau saya lampu masih menyala susah banget buat tidur

    BalasHapus
  31. 5. Ada temen yang ngajak main PS

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada tambahan nya lagi toh,, mungkin buat cowo maen PS bikin susah tidur kali ya hehe

      Hapus
  32. Kalau takut sendiri susah tidur tapi kalau lg seneng banget krn rumah rame eh juga susah tidur. Wkwkwkk baper sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh baper banget tuh mba, sampe2 takut tidur sendiri hehe

      Hapus
  33. Tambahin lg, karena blom posting di blog hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa, kalo aku mah mba engga sampe segitunya kali :D

      Hapus
  34. tambahin lagi... gara-gara belajar buat ulangan besok :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalo ini anak yang rajin, ulangan besok jadi ga bisa bobo, kalo jamanan aku sekolah mah engga mikirin mau ulangan besok gmna juga hihihi

      Hapus
  35. Banyak nyamuk juga salah satu faktor penyebab g bisa tidur, trus di tinggal kekasih juga bisa tidur g nyenyak ...dan masih banyak yg lainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul betul, mungkin kepanansan, kedinginan, juga termasuk ya mas,,

      Hapus
    2. iya bener juga sih ga bisa tidur apa lagi kalo nyamuknya jahat

      Hapus
  36. G di peluk sama istri juga susah untuk tidur

    BalasHapus
  37. Kalau sayamah biasanya kalau tidak tidur nyenyak itu karena mikirin hutang mba :v haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha bener banget mas, kalo lagi banyak utang apa lagi kejar setoran kaya nya ga bakal bisa tidur

      Hapus
  38. wah bener banget nih, apalagi kalau mikirin tugas yang belum dikerjain

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti pikiran nya tugas mulu kalau pun tidur juga hehe

      Hapus
  39. Tugas juga suka bikin jadi insomnia dadakan.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, apa lagi kalo besoknya harus di kumpulin

      Hapus
  40. kalo udah kebiasaan makan malem-malem jadi susah ngilanginnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kalo engga bikin jadi susah tidur sih ga papa juga els

      Hapus
  41. Saya mah dikasih kopi dikit aja pas sore, malamnya jadi susah tidur :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kopi memang menyebabkan sulit tidur sih katanya

      Hapus
  42. satu lagi mbak, yang gak bis tidur tuh paketan internet yang gede kalau tengah malem. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tuh, sayang kan kalo engga di gunain

      Hapus
  43. tapi ada yang bisa bikin kita enak tidur, baca buku sebelum tidur katanya dapat membuat pikiran tidak stress dan bikin nyeyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca buku emang bisa bikin ngantuk ktanya

      Hapus
  44. Tambahin satu lagi ya... !
    Diterima oleh Google AdSene Full Approve... langsung nyenyak dah tidurnya... hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk kalo itu udah ga usah di tanya lagi :D

      Hapus
  45. Insomnia dan tidur tidak nyenyak 2 hal yang berbeda ^^ saya sering insomnia tapi jarang bahkan hampir tidak pernah tidurku tak nyenyak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah syukurlah mba, jadi tidak ada masalah dalam tidur :)

      Hapus
  46. masih kurang kayaknya, karena gerah, sumuk bahasa lokal saya.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga sih, kalo gerah bikin ga nyaman bobo hehe

      Hapus
  47. wahh... postingan mbak di atas bener banget..!! saya jadi geleng-geleng kepala kalo mikirinnya lagi...!! XD hehehehe

    BalasHapus